Wednesday, November 17, 2010

Indonesia ga pernah bentrok SARA??? - Eropa tertarik budaya Indonesia yang beragam namun ga bentrok.

http://id.news.yahoo.com/antr/20101116/tpl-pengamat-eropa-makin-banyak-kaji-isl-cc08abe.html


Yakin???

Ga pernah bentrok??? Orang ngasih bantuan ke korban bencana aja ga boleh. Bentrok nyaris tiap hari, ngatain juga nyaris tiap hari. Bukan cuma sepihak, tapi dua2nya.
Jangan ditutup-tutupi lagi. Emangnya dah lupa sama perang2 saudara dulu itu? Antar ras sering bertengkar, antar agama apalagi... Kl bangun masjid pasti boleh dan ada dimana aja, coba bangun gereja, pura, klenteng, beh... bisa2 didelay sampai yang muda jadi tua kali...
Ini emang terjadi krn masing2 org yang sok ngerti agamanya masing-masing merasa paling benar, oleh sebab itu, saya sangat berharap, kalo mau ngajarin agama (dalam hal ini Islam, tapi bisa juga kalo kebetulan Hindu, atau Budha, atau Kristen, atau Katolik), yang ngajarin itu harus udah ahli.
Tau darimanakah tanda-tanda bahwa seseorang itu ahli agama?
1. Dia ga suka bikin demo
2. Dia ga bakal nyuruh orang sekitarnya untuk melakukan bakar2an thdp tempat ibadah orang lain
3. Dia moderat, kayak Gus Dur. Ga beda2in SARA. (Ini negeri besar loh, Kalo mau beda2in, tinggal aja di pulau sempit!)
4. Dia ga gampang marah
5. Dia mau dan bisa bergaul dengan orang yang bermacam-macam.
6. Dia menghargai adat orang lain
7. Dia melakukan kebaikan hidup, dan ga cuma ngomong doank, atau baca kitab sucinya aja, tapi melakukan kebaikan dalam hidupnya.

See?
Kl gitu, jgn sekali-kali ngirim orang yg dangkal pengetahuannya tapi sok tahu, krn org ini pinter ngomong, tar malah ajarannya salah total. Mending kirim org yg cool, pendiam, ga banyak omong, tapi memang ahli dalam agamanya. Karn kita hanya akan mempermalukan bangsa kita sendiri apabila di sana, orang yang tak kompeten itu mengajar hal yg salah...

Saya berharap ajaran kalian di sana berlangsung baik, walau saya sendiri bukan org Islam. Tapi, saya punya teman2 Islam yang baik, dan menurut saya yg berlaku jahat itu, memang yg rendah budinya dan pengetahuannya akan Islam pun rendah. Karena bila seseorang tahu agamanya dengan baik, orang itu takkan menjadi orang yg mudah termakan amarah dan selalu terbakar kebencian. Saya berdoa bagi mereka, supaya mereka memperdalam lagi pengetahuan mereka.

Bagi yang mau mengajar agama di luar negeri, semoga Anda sekalian berhasil di sana sebagai pengajar yang baik!


No comments:

Post a Comment